Rabu, 13 Februari 2013

Tanyakan Pada Allah dengan Istikhoroh

Pastinya kita pernah dihadapkan pada dua pilihan yang membuat kita bingung memilih satu diantara keduanya. misalnya kita sulit memilih antara dua jurusan berbeda IPA atau IPS, memilih pasangan hidup, memilih jalan keluar suatu masalah dan lain sebagainya maka hendaknya kita berdo'a kepada Allah dan meminta pentunjuk kepada-Nya selain itu kita juga bermusyawarah dengan teman atau orang sekitar dalam memecahkan masalah kita.
Nabi Muhammad SAW pernah bersabda:
"Jika salah satu diantara kalian berniat dalam satu urusan, maka lakukankanlah Sholat dua roka'at yang bukan Sholat wajib, dan berdo'alah"(H.R. Bukhari)

 Tata Cara Sholat Istikhoroh
1. Wudhu
Sebelum Sholat Fardhu ataupun Sunnah kita diwajibkan berwudhu untuk menghilangkan Hadats kecil(yang menghalangi sahnya Sholat) sehingga Sholat kita sah diterima Allah, Insya Allah.
2. Sholat Dua Roka'at
Sholat dua roka'at diawali dengan Niat
Usholli Sunnatal Istikhoroti Rok'ataini Sunnatalillahi Ta'ala Allahuakbaru.
Rokaat pertama membaca Al Fatihah dilanjutkan Surah Al Kafirun dan Rokaat kedua dilanjutkan dengan Surah Al Ikhlas.
3. Berdo'a
Sebelum berdo'a meminta petunjuk kepada Allah, hendaknya kita membaca Sholawat kepada Nabi Muhammad SAW. Setelah itu membaca Do'a seperti di bawah ini..
Allahumma astakhiruka bi'ilmika wa astaqdiruka bi qudratika wa as'aluka min fadlikal-adziim fa innaka taqdiru wa laa aqdiru wa a'lamu wa ta'lamu wa laa a'lamu wa anta a'lamul ghuyuub..
Allahumma in kunta ta'lamu anna hadzal amra khoirul lii fii diinii wa ma'aasyii wa aaqibatu amrii faqdirhu lii wa yassirhu lii tsumma baarik lii fiihi wa in kunta ta'lamu anna haadzim syarrul lii fii diinii wa ma'aasyii qa aaqibati amrii fashrifhu anni fashrifni anhu waqdir liyal khaito hitsu kaana tsumma irdhinii bih.

Banyak cara untuk mengetahui jawaban dari Allah diantaranya :
1. Bermimpi
Setelah sholat Istikhoroh kita tertidur, apabila kita bermimpi itulah jawaban dari do'a kita. Jika mimpi kita indah maka pilihan kita itu sudah tepat. Sebaliknya, jika mimpi kita buruk maka pilihan kita itu adalah salah.
2. Kabar berita dari orang lain
Misalnya kita ingin melamra seorang wanita dan kita tidak tahu sifat dan watak wanita tersebut, hendaknya kita berdo'a meminta petunjuk Allah dan salah satu cara mendapatkan jawaban dari Allah adalah bertanya dari saudara dekat atau teman dekat si wanita resebut.
3. Dengan Al Qur'an
Ada 3 cara mengetahui jawaban Allah melalui Al Qur'an yaitu:
a. Setelah Sholat dan berdo'a kita langsung membuka Al Qur'an. Setelah membuka yang pertama kali langsung melihat ayat yang berada pojok kiri atas. Apabila arti pada ayat tersebut baik atau indah, maka pilihan kita itu sudah benar dan sebaliknya apabila arti ayat tersebut buruk maka pilihan kita itu belum benar.
b. Membuka Al Qur'an pertama kali di halaman mana saja kemudian buka 3 halaman setelahnya kemudian lihat ayat yang berada di pojok kiri bawah. Apabila arti pada ayat tersebut baik atau indah, maka pilihan kita itu sudah benar dan sebaliknya apabila arti ayat tersebut buruk maka pilihan kita itu belum benar.
c. Membuka Al Qur'an pertama kali kemudian buka 9 halaman setelahnya kemudian pada halaman terakir pada halaman bagian kiri, hitung dari atas ke bawah sebanyak 9 ayat, pada ayat kesepuluh lihat artinya. Apabila arti pada ayat tersebut baik atau indah, maka pilihan kita itu sudah benar dan sebaliknya apabila arti ayat tersebut buruk maka pilihan kita itu belum benar.

Semoga bermanfaat..



 “Jika salah seorang di antara kalian berniat dalam suatu urusan, maka lakukanlah shalat dua raka’at yang bukan shalat wajib, kemudian berdoalah…”. (HR. Al-Bukhar

Tidak ada komentar:

Posting Komentar